Thursday, September 27, 2007

Yang kudu di garis bawahi untuk apply vacancies

Hai hai... udah beberapa kali aku ngalamin interview buat beberapa lowongan yang pernah aku lamar.
Hmm jadi dapat pelajaran banyak siih... tapi blom ada lagi yang nyangkut sekarang.
Ini nih.. hal-hal yang kudu di garis bawahi kalo ngelamar-ngelamar kerjaan.

1. Cari berita sesering mungkin. Bisa lewat internet, koran (biasanya kompas sabtu banyak, bow), atau ikut milis-milis dan situs-situs lowongan kerja yang update. Kalo perlu ikutan CDC kampus-kampus yang sering kedatangan perusahaan yang presentasi atau sering buka campus reqruitment disitu. (Sekarang jadi hobi brosing dan mantengin internet all day long.)

2. Lamar di bagian yang bikin kamu tertarik, mampu di bidang itu, dan paling ga bisa mempertanggung jawabkan kenapa kamu pilih lowongan di posisi terserbut. (Jadi ingat waktu pernah apply RF engineer... aku kan nda ngerti-ngerti amat RF, bow) Karena kalo kamu interview dan ditanyain mengenai materi kuliah yang berhubungan dengan posisi itu, kamu harus tau!!

3. Jangan pernah bikin CV, nyontek dari temen. Apalagi dengan content yang sama, format sama.. Habis deh.. kalo kamu ama temenmu di panggil bareng.. bisa di tandain tuh CV. Bikin CV jangan terlalu polos dan jangan terlalu banyak hiasan. Kamu harus bisa me representasikan diri kamu seperti apa, pengen jadi apa di CV kamu itu. Lalu, urutan CV, sebaiknya tampilkan dahulu hal-hal yang kira-kira merupakan point penting yang merujuk ke tempat kamu melamar posisi tersebut. Jangan berikan biodata yang berlebihan di CV kamu, atau pengalaman organisasi dari SD sampai selesai kuliah. Ambil yang penting-penting aja.

4. Untuk apply lamaran via email, kamu kudu siap sama yang namanya application letter dan CV kamu (sering disebut juga dengan resume) dua hal itu yang primary. Sisanya, kamu kudu nge-scan transkrip, ijazah, n semua sertifikat yang penting yang menunjang karir kamu. Lalu ukuran file yang akan kamu kirim, dilihat dulu.. Usahakan sekecil mungkin. Karena beberapa perusahaan minta batasan ukuran file. Kalau file yang di attach banyak, kamu boleh gunakan kompressi dengan format *.zip. Kalau *.zip itu general. Bisa di buka di mana-mana. Jangan gunakan kompresi *.rar apalagi *.tar.gz hehehe... karena ga semua orang install winrar di OS nya dan ga semua orang ngerti tar.gz. Sementara kalo *.zip, pengguna linux masi bisa membuka file dengan format ini.

5. Kalau di panggil interview, kamu kudu siap-siap buat:
  1. Ngomong dengan bahasa inggris untuk full interview saat itu. Cas cis cus aja deh...
  2. ditanyain tentang materi yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.
  3. ditanyain tentang skill, pengalaman dan pengetahuan kamu sesuai isi CV. (makanya isi CV jangan terlalu berlebihan at least kamu bisa mempertanggung jawabkannya)
  4. jadi diri kamu sendiri. Karena biasanya di cari orang yang easy going untuk di ajak kerja sama.
  5. mengenakan pakaian yang sopan, bersih, dan rapih. Yang pasti standarnya sih, kemeja+celana dengan kain bahan+sepatu.
  6. sopan ketika berbicara dengan penginterview... jangan lupa senyum, dan jangan terlalu tegang.
6. Kamu kudu tau mengenai perusahaan yang kamu lamar. At least bekerja di bidang apa, arah perusahaan kemana, dan kamu tau sebagai apa posisi kamu nantinya. Jadi, sebelum interview, kamu harus cari tau mengenai perusahaan itu dulu.


Tapi jadi ingat pengalaman-pengalaman lucu kemaren.
Wakakaka...
Kayaknya cukup deh segitu dulu..
-----------------
little white daisy

7 comments:

Adek Aidi said...

great artikel about this topic.
really help anyone who want to know about this..

cayoo indah

indah said...

hahaha... it's just an experience my sist...

cayoo juga ya kak..

Anonymous said...

wah mantap,,, thx a lot ya, mw share pengalamannya,,,

Anonymous said...

humm..menurutku, yg nomer enam itu paling ngaruh..qta harus konsisten dgn tujuan qta ngelamar di suatu posisi di perusahaan tertentu..dr mulai tahap rekruitasi awal, qta harus punya arah..mau seperti apa qta di perusahaan itu..usahakan jg, "seperti apa" itu disesuaikan dgn karakter serta visi-misi perusahaan..coz, klo kelihatannya qta dah meet ma culture tuh perusahaan..yg namanya Line Manager tuh dah gak perlu pikir panjang degh keknya..tuz, masalah skill..bisalah sambil kerja diupgrade..practice by doing lah..asalkan persepsi qta dah sama n sehati dgn org2 yg dah dluan berada di dalam perusahaan itu..

@Indah: Jd dosen aja yah?.kekeke.. :)

Anonymous said...

wew

nunggu lulus deh ntar dipraktekan


tq

- 'Mo - said...

oOo gitu yaaa
pantesaaaaaannnnnnnnnnnnnn!!??!!

Unknown said...

kerja...kerja..kerja
ga enak, mending santai di rumah trus uang datang sendiri...nah itu baru mantap.. sekalian gendutin badan dech